PERNAH MENGALAMI SUDUKEN KETIKA BERLARI? INI TIPS MENGATASINYA



Hallo guys pernahkah kalian ketika berlari mengalami Side Stitch atau sering disebut "Suduken"?

Nah suduken ini biasanya terjadi salah satunya karena habis makan langsung melakukan aktivitas. Saya sendiri pernah mengalaminya saat mengikuti event lari Loop Solo Fun Run 5K 2017, pada waktu itu 1 jam sebelum lari saya makan cukup banyak, ya emang karena pagi itu laper banget karena dari malam belum makan. 

Alhasil saat lari dapat 2 KM saya mengalami suduken, dan akhirnya cuma bisa jalan kaki dan berlari kecil-kecilan, sampai finish gak dapat apa-apa karena hanya 100 finisher pertama yang berhak dapat medali, nyesel banget waktu itu, belum tau sih caranya mengatasi suduken, eh suduken di tengah jalan.

Pada dasarnya, suduken bukanlah masalah kesehatan yang serius atau berbahaya. Gejala suduken pun biasanya akan hilang sendiri tanpa perawatan apa pun.

Akan tetapi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan tetap perlu diatasi supaya bisa beraktivitas dengan normal seperti biasanya.

Nah sekarang ini saya sudah tau bagaimana caranya mengatasi suduken ketika sedang berlari, dan berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi suduken:
1. Begitu gejala suduken muncul, turunkan kecepatan berlari hingga berjalan
2. Jika masih terasa nyeri dalam perut, segera istirahat duduk dengan posisi ternyaman dan tarik nafas dalam-dalam
3. Jika membawa air mineral, minumlah yang cukup untuk mengembalikan cairan dan elektrolit dalam tubuh
4. Tekan bagian perut yang terasa nyeri dengan jari-jari tangan. Cara ini dapat membantu meredakan gejala suduken yang mengganggu
5. Kembali atur nafas pelan-pelan. Tarik nafas melalui hidung dan tahan beberapa detik, lalu hembuskan perlahan melalui mulut.
6. Lakukan latihan pernafasan lewat perut untuk membantu meredakan nyeri sampai gejala suduken hilang dengan sendirinya.

Untuk mencegah suduken saat berlari, berikan jeda setidaknya 3-4 jam setelah makan sebelum memulai berlari. Pokoknya kalo niat lari jangan makan berat dulu, nah baru setelah selesai lari bolehlah makan yang banyak hehehe. 

Selain itu lakukan pemanasan yang cukup terlebih dahulu supaya otot-otot tubuh tidak kaku dan siap untuk berlari. 

Nah itulah tips mengatasi suduken pada saat berlari. Ayo berlari ayo berolahraga agar badan sehat, kuat dan bugar, jangan malas-malasan, jangan cuma hobi rebahan doang!!!

Matur suwun.





Tidak ada komentar