Sedikit Cerita Pendakian Gunung Ungaran via Perantunan - Jalurnya Apik Tenan

Gunung Ungaran merupakan gunung yang terletak di antara 2 Kabupaten, yaitu Kabupaten Semarang dan Kabupaten Kendal. Gunung ini tidak pernah ada catatan khusus mengenai aktivitas vulkanologinya, namun terdapat sumber mata air panas di kaki gunungnya yang mengindikasikan adanya aktivitas panas bumi di bawah tanah. Lokasi sumber mata air panas tersebut terdapat di Kawasan Candi Gedong Songo dan Kawasan Wisata Air Terjun Gonoharjo.

Di sisi selatan gunung ini terdapat daerah wisata Bandungan, di lereng sisi selatan ini pula terdapat peninggalan purbakala Candi Gedong Songo. Gunung ini memiliki tiga puncak yaitu Puncak Bondolan, Botak dan Banteng Raiders, sedangkan puncak tertingginya adalah Bitak dan Raiders yang sama-sama memiliki ketinggian 2.050 mdpl. Terdapat 2 jalur yang biasanya dilalui pendaki untuk menuju ke puncaknya, yaitu Jalur Mawar yang terletak di Kawasan Wisata Umbul Sidomukti Bandungan dan Jalur Perantunan yang terletak di Dusun Gintungan Bandungan.

Kali ini aku ingin membagikan sedikit cerita ketika aku mendaki Gunung Ungaran melalui Jalur Perantunan. Jalur ini merupakan jalur baru, jadi masih belum banyak pendaki yang mengetahuinya. Jalur ini terletak dekat di Kawasan Wisata Bandungan. Lebih tepatnya di Lingkungan Gintungan, Bandungan, Kabupaten Semarang, kurang lebih 2 km dari Pusat Wisata Bandungan. Jalur ini juga cocok untuk pendaki pemula, karena memiliki track yang relative ringan, jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dan juga waktu tempuh yang tidak terlalu lama yaitu dapat ditempuh kurang lebih 3 jam.

Pendakian kali ini diikuti oleh 8 orang, seperti biasa kami tergabung dalam kelompok kecil mendaki gunung yaitu Konco Turu Adventure hehehe. Pendakian ini dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 10-11 April 2021, tepatnya sebelum bulan puasa. Memang sudah menjadi kebiasaan kami melakukan pendakian sebelum bulan puasa tiba.

Kami memulai perjalanan dari tempat kami pukul 18:30 WIB, lalu kami sampai di Basecamp Perantunan pukul 18:45 WIB. Jarak dari tempat kami sampai ke Basecamp memang sangatlah dekat. Sesampai di Basecamp saya dan salah satu teman saya melakukan registrasi, sembari yang lainnya mengecek logistic dan juga perlengkapan.

Pukul 19:30 WIB pendakian di mulai, jika melalui jalur Perantunan ini pendaki dapat memiliki 3 rute yaitu: menuju Puncak Banteng Raiders, menuju Puncak Botak atau Double Summit menuju puncak keduanya. Persimpangan jalurnya nanti akan ditemui di Pos 4. Oh iya Basecamp Perantunan itu terletak di ketinggiaan 1.290 mdpl.

Dan inilah perjalanan kami.

1. BASECAMP – PINTU RIMBA

Butuh waktu sekitar sepuluh menit untuk sampai di Pintu Rimba yaitu Gerbang Masuk Pendakian Gunung Ungaran via Perantunan, karena ketika sampai disana waktu menunjukkan pukul 19:40 WIB. Track dari basecamp sampai di Pintu Rimba cukup mudah dan tidak terlalu menguras tenaga, seperti kebanyakan gunung track awal yaitu melalui perkebunan warga. Pintu Rimba ini berapa di ketinggian 1.350 mdpl.

2.      2. PINTU RIMBA – POS 1 WATU OMAH

Perjalanan dari Pintu Rimba menuju Pos 1 masih relatif landai, melewati berbagai tumbuhan rerumputan yang terbuka serta jarang dijumpai pohon-pohon besar. Pukul 19:50 WIB kami sampai disana, berarti butuh waktu 10 menit untuk sampai di Pos ini,. Oh iya kami melakukan pendakian dengan kecepatan relatif sedang lho ya, karena untuk menikmati perjalanan hehehe. Di Pos ini terdapat sebuah shelter yang dapat digunakan untuk beristirahat. Ketinggian Pos 1 ini adalah 1.140 mdpl.

3.    POS 1 – POS 2 WATU JAJAR

Perjalanan dilanjutkan, kami tidak terlalu lama beristirahat karena kami hanya mengatur nafas. Track menuju pos 2 masih relatif landai dan tidak begitu menanjak. Di sekeliling jalur sudah bisa dijumpai pepohonan besar, dan tumbuhan semak belukar. Waktu tempuh dari pos 1 menuju pos 2 masih sama dengan waktu sebelumnya yaitu 10 menit, karena pukul 20:00 WIB kami telah sampai di pos ini.

Di Pos 2 juga terdapat shelter yang bisa digunakan untuk istirahat. Pos 2 ini berada diketinggian kurang lebih 1.480 mdpl. Di Pos ini juga terdapat 2 batu yang berjajar maka dari itu Pos ini disebut dengan Watu Jajar.

4.    POS 2 – POS 3 WATU SRUMPUK

Menuju Pos 3 track masih sama dengan sebelum-sebelumnya, yaitu tidak begitu menanjak dan relatif landai. Kami berjalan di tengah-tengah hutan Gunung Ungaran karena di sekeliling sudah dijumpai pepohonon besar. Waktu tempuh menuju Pos 3 adalah 15 menit. Pukul 20:15 kami telah sampai di Pos ini.

5.    POS 3- POS 4 KOLO KECIKO

Perjalanan selanjutkan menuju ke Pos 4 track sudah lumayan menanjak tetapi masih relatif sedang. Sebelum sampai di Pos 4 kami terlebih dahulu melewati Ondo Rante, waktu tempuhnya adalah 20 menit. Kami sampai di Pos ini pukul 20:35 WIB. Pos 4 ini berada diketinggian kurang lebih 1.750 mdpl. Kami di Pos 4 lumayan lama beristirahat, sembari mengatur nafas, melemaskan kaki juga minum dan makan ringan bekal yang kami bawa.

Nah di Pos 4 ini terdapat persimpangan jalur yang saya ceritakan diawal tadi, jika ke kiri menuju ke Puncak Bondolan dan Puncak Botak. Sedangkan bila ke kanan akan menuju ke Puncak Tugu Banteng Raiders. Dan dari sini rute menuju puncak dapat dipilih, bisa menuju ke Puncak Botak, Puncak Banteng Raiders atau double summit keduanya.

Karena sebelumnya kami sudah pernah menapakkan kaki di Puncak Banteng Raiders maka kami putuskan untuk belok ke kiri menuju Puncak Bondolan dan Puncak Botak. Oh iya jika ingin menuju Puncak Banteng Raiders dari Pos 4 terlebih dahulu melewati Lembah Hantu, Pos 5, Watu Lumpang dan Lembah Jinten, dengan waktu tempah kurang lebih 1 jam.

Cukup 10 menit kami beristirahat di Pos 4 ini, lalu kami melanjutkan perjalanan menuju ke Puncak Bondolan.

6.    POS 4 – PUNCAK BONDOLAN

Perjalanan kami lanjutkan, selanjutnya menuju ke Puncak Bondolan. Track dari pos 4 lumayan menanjak dan kami berjalanan dibawah pepohonan besar sebelum nantinya kami akan menjumpai plawangan. Setelah plawangan kami melewati sabana Gunung Ungaran berupa tumbuhan alang-alang. Disini kami sudah mulai bisa melihat indahnya pemandangan malam Kawasan Wisata Bandungan, Ambarawa bahkan Kota Salatiga, secercah cahaya lampu menambah semangat kami untuk menuju ke titik yang lebih tinggi. Waktu tempuh menuju Puncak Bondolan adalah 30 menit, karena pukul 21:15 kami sampai di Puncak Bondolan.

Puncak Bondolan ini berada di ketinggian 1.890 mdpl, ditunjukan dengan tugu yang berupa tulisan Puncak Bondolan. Disana bisa untuk mendirikan tenda, tetapi tidak bisa menampung banyak tenda, kurang lebih 10-15an tenda. Karena ketika sampai disana sudah penuh dengan tenda, maka kami putuskan untuk mendirikan tenda di atas Puncak Bondolan.

Sulit untuk kami menemukan tempat yang cocok untuk mendirikan tenda setelah Puncak Bondolan. Alhasil kami mendirikan tenda di dekat batu dan hanya muat untuk menampung 2 tenda, dan kebetulan pas dengan tenda yang kami bawa. Titik yang kami dirikan tenda berada di atas Puncak Bondolan sebelum sampai di Puncak Botak.

Tidak butuh waktu lama, kami langsung membagi tugas ada yang mendirikan tenda dan ada yang mulai memasak. Bekal makanan yang kami bawa berupa nasi, sosis, mie dan juga cemilan-cemilan ringan, sedangkan minuman berupa kopi, susu dan teh. Setelah semuanya beres, tenda sudah berdiri dan bekal siap disajikan kami langsung santap karena merasa sangat lapar hehehe.

Jarum jam menunjukkan pukul 22:30 WIB, setelah semuanya beres kami mulai memasuki tenda masing-masing untuk memejamkan mata, karena suasana yang dingin dengan berbalutkan sleeping bag menjadikan kami langsung terlelap tanpa lama.

7.    PUNCAK BONDOLAN – PUNCAK BOTAK

Pagi menjelang, dari ufuk timur matahari mulai menampakkan dirinya, kicauan burung mulai terdengar di telinga kami. Ya hari sudah berganti, kami bersiap-siap untuk summit menuju Puncak Botak atau Puncak tertinggi Gunung Ungaran via Perantunan. Puncak Botak ini berada diketinggian 2.050 mdpl sama dengan Puncak Banteng Raiders.

Jarum jam menunjukkan pukul 05:30 WIB kami memulai langkah kami menuju ke puncak tertinggi, sepanjang jalur akan dijumpai tumbuhan alang-alang dengan kanan dan kiri adalah jurang, maka dari itu kami sangat berhati-hati dalam melangkah. Waktu tempuh dari Puncak Bondolan menuju ke Puncak Botak adalah 30 menit. Pukul 06:00 WIB kami telah menginjakkan kami di titik tertinggi Gunung Ungaran via Perantunan. Disana terdapat susunan batu yang lumayan tinggi, guna untuk memberikan petunjuk bahwa telah sampai di Puncak Botak. Dari Puncak Botak dapat terlihat Gunung Merbabu, Merapi, Andong bahkan Lawu disisi selatan lalu Gunung Sumbing, Sindoro dan Prau disisi barat.

Dari Puncak Botak terdapat jalur menuju ke Puncak Banteng Raiders, yaitu turun menuju Watu Lumpang, tetapi kami memutuskan untuk langsung turun ke tempat camp. Tidak lama kami berada di Puncak Botak, pukul 07:00 WIB kami turun menuju tempat camp. Pukul 07:20 kami telah sampai di tempat camp, untuk selanjutkan packing dan berjalan turun menuju ke basecamp. Pukul 08:00 WIB kami turun dari tempat camp dan singkat cerita pukul 09:00 kami telah sampai di basecamp.

Itulah sedikit cerita pendakian saya dan teman-teman saya menuju ke Gunung Ungaran via Perantunan. Pesan saya jika ingin mendaki gunung persiapkan fisik ya, prokes juga jangan lupa, mempelajari jalur atau minta briefing terlebih dahulu kepada petugas BC dan juga cari literasi atau sumber-sumber pengetahuan tentang Gunung yang akan didaki.

Untuk menonton keseruan kami berupa video bisa klik dibawah ini ya