Profil Dusun di Candigaron



PROFIL DUSUN :

1.                  DUSUN BODEAN
Jumlah RT                  : 6
Jumlah RW                 : 2

A.    Letak dan Lingkungan Dusun
Dusun Bodean memiliki luas wilayah kurang lebih 1500 m2 dengan daerah berupa perumahan dan areal perladangan. Dusun Bodean dihuni sekitar 880 orang penduduk yang mayoritas berkerja sebagai petani.
Di sebelah Timur dusun Bodean adalah perbatasan dengan Dusun Candi, di sebelah Barat adalah perbatasan dengan Kabupaten Temanggung, di sebelah Utara berbatasan dengan Desa Kemitir, dan di sebelah Selatan berbatasan dengan Dusun Semanding.

B.     Penduduk
Tingkat pendidikan rata-rata penduduk Bodean adalah Sekolah Dasar (SD) sampai Sarjana.

C.      Forum & Organisasi Warga Bodean
-          AREMBA BOYS
-          AREMBA GIRL
-          AREMBA VOLLEY CLUB
-          AREMBA FOOTBALL CLUB
-          PKK
-          Kelompok Keaksaraan Fungsional (KKF)
-          Kelompok Tani
-          Organisasi Keagamaan

D.    Social Budaya
-          Ketoprak
-          Wayang
-          Soreng Baduy dan Soreng Mataram
-          Campur Sari

2.                  DUSUN CANDI
Jumlah RT                  : 8
Jumlah RW                 : 2

A.     Letak dan Lingkungan Dusun
Dusun Candi terletak di sebelah selatan dari dusun Bodean. Dusun dengan luas wilayah kurang lebih 441,12 ha ini dari posisi letaknya  memang lebih tinggi dibandingkan dengan 5 dusun lain di desa Candigaron. Dusun Candi memiliki jumlah penduduk sebanyak 236 rumah, dengan jumlah jiwa 1116 jiwa.
Batas Wilayah, sebelah utara Dusun Bodean, sebelah timur Dusun Jambe sebelah selatan Dusun Jagoan (Desa Kebonagung) dan sebelah barat Dusun Semanding.

B.     Penduduk
Penduduk Dusun Candi secara mayoritas berkerja sebagai buruh tani, pengolah ladang dan peternakan. Hal ini didukung dengan letak wilayah Dusun yang berada pada kontur tanah kering berbukit dan bergelombang. Selain itu tingkat pendidikan penduduk dusun Candi sebagian besar adalah lulusan SD sampai SMA.

C.      Forum dan Organisasi Warga Dusun
-          GMC (Generasi Muda Candi)
-          ARCA VOLLEY BALL
-          PKK
-          Kelompok Tani
-          Forum Keagamaan

D.    Social Budaya
-          Kelompok Kesenian Tari Prajuritan
-          Kelompok Kesenian Campursari
-          Kelompok Kesenian Ketoprak dan Karawitan

3.    DUSUN GARON
Jumlah RT                  : 6
Jumlah RW                 : 2

A.     Letak dan Lingkungan Dusun
Dusun Garon merupakan salah satu wilayah yang berada di bawah administrasi desa  Candigaron. Dusun Garon terdiri dari 2 RW dan 6 RT. Dusun Garon berbatasan langsung dengan dusun Jambe, dusun Bodean, dusun Delik, desa Kemitir.
Lingkungan geografis dusun Garon berupa pegunungan dengan unsur tanah merah yang menyebabkan pasokan air di dusun Garon kurang, akibatnya mereka harus mengambil air dari dusun lain karena jika hanya mengandalkan air dari sumur-sumur saja tidak cukup. Wilayah di dusun Garon sebagian besar digunakan sebagai pemukiman dan hanya sebagian kecil yang digunakan sebagai lahan pertanian. Sebagian besar petani di dusun Garon bercocok tanam di lahan pertanian yang terletak di wilayah lain. Pusat Pemerintahan Desa Candigaron berada di Dusun ini.

B.     Penduduk
Sebagian besar warga dusun Garon bermata pencaharian sebagai petani dengan komoditas utama sayuran, jahe, kopi dan jagung. Sebagian kecil warganya berkerja sebagai PNS, sector usaha lain, dan karyawan pabrik.

C.     Forum dan Organisasi Warga di Dusun
-          GEMUGAR
-          GEMUGAR VOLLEY
-          PKK
-          Forum Keagamaan

D.    Social Budaya
-          Reog
-          Wayang Orang

4.    DUSUN SEMANDING
Jumlah RT                  : 5
Jumlah RW                 : 2

A.     Letak dan Lingkungan Dusun
Dusun Semanding adalah dusun yang paling terpisah dengan dusun-dusun lain di desa Candigaron. Jarak dusun Semanding berjarak 4 km dari pusat desa. Untuk menuju dusun Semanding diperlukan waktu kurang lebih 15 menit dengan menggunakan sepeda motor dengan jalan berliku dan banyak tanjakan. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan sebuah pemandangan yang begitu indah. Jajaran gunung, serta perkebunan warga bersatu menjadi suatu pemandangan yang begitu menakjubkan.
Di sebelah utara berbatasan dengan dusun Bodean, di sebelah barat dan selatan berbatasan dengan Kabupaten Temanggung, dan sebelah timur berbatasan dengan dusun Candi.

B.     Penduduk
Jumlah penduduk di dusun Semanding sebanyak 415 kepala keluarga yang terbagi dalam 137 rumah. Penduduk Semanding 80% memeluk agama Buddha dan lainya beragama Kristen, Katholik, Islam dan Sapta Darma.
Penduduk Semanding mayoritas berkerja sebagai petani dengan komoditas utama kopi, jagung, jahe, cabai, kacang tanah, dan sayuran lainya. Ada juga yang berkerja sebagai supir. Para wanita yang kebanyakan ibu-ibu muda ada juga yang berkerja sebagai pemetik daun teh.
Taraf pendidikan warga di dusun Semanding rata-rata pendidikan SD. Jenjang pendidikan maksimal di dusun Semanding adalah Sarjana.

C.      Forum dan Organisasi Warga di Dusun
-          Organisasi Kepemudaan
-          PKK
-          Kebudayaan

5.    DUSUN DELIK
Jumlah RT                  : 2
Jumlah RW                 : 1

A.    Letak dan Lingkungan Dusun
Dusun Delik memiliki daerah berupa areal perladangan. Dusun Delik dihuni sekitar 239 orang penduduk yang sebagian besar sebagai seorang petani. Di sebelah timur berbatasan dengan dusun Bodean dan Garon, di sebelah dan utara berbatasan dengan desa Kemitir, dan sebelah selatan berbatasan dengan dusun Bodean.

B.     Penduduk
Jumlah penduduk dusun Delik adalah 239 orang, dengan tingkat pendidikan rata-rata adalah lulusan SD, hanya sebagian kecil yang melanjutkan hingga jenjang SMP, SMA, maupun Perguruan Tinggi.

C.     Forum dan Organisasi Warga di Dusun
-          Karang Taruna
-          PKK
-          Kelompok Keaksaraan Fungsional (KKF)
-          Kelompok Tani
-           
D.    Social Budaya
-          Ketoprak
-          Prajuritan

6.    DUSUN JAMBE
Jumlah RT                  : 8
Jumlah RW                 : 2

A.    Letak dan Lingkungan Dusun
Dusun Jambe merupakan salah satu wilayah yang berada di bawah administrasi Desa Candigaron. Dusun Jambe terdiri dari 2 RW dan 8 RT. Dusun Jambe memiliki luas wilayah 118,16 ha dengan jumlah penduduk 968 jiwa.
Wilayah Jambe terletak di antara gunung dan lembah. Dusun Jambe terletak di sebelah paling timur Desa Candigaron. Sebelah utara berbatasan dengan Desa Trayu, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Kebonagung, sebelah barat berbatasan dengan dusun Candi dan Garon, sedangkan untuk sebelah timur berbatasan dengan Desa Lanjan.
Di Dusun Jambe terdapat satu wilayah RT yang memiliki luas dan jumlah penduduk terbanyak antar RT se Kecamatan Sumowono, yaitu Lingkungan Kendal Sari atau wilayah RT 1/RW 3. 

B.     Penduduk
Tingkat pendidikan warga dusun Jambe berkisar dari TK hingga Sarjana Mayoritas warga Jambe berkerja sebagai petani, pedagang ada pula yang bekerja sebagai buruh bangunan, PNS dan pekerja pabrik. Komoditas hasil pertanian di Dusun Jambe adalah kopi, jagung, jahe, dan sayuran dengan kwalitas terbaik dan terbanyak se-Desa Candigaron , memiliki sumber air bersih terbanyak. 
Dusun Jambe merupakan penghasil labu siam terbanyak di Kabupaten Semarang. Masyarakat dusun Jambe 85% berternak sapi, dan jumlah sapi Jambe terbanyak di Candigaron. Makanan khas Bandungan, Getuk Goreng sentra produksinya ada di Dusun Jambe.
Mayoritas penduduk Dusun Jambe beragama islam, kristen dan juga buddha, adapun yang menganut kepercayaan. 

C.      Forum & Organisasi Warga di Dusun
-          KARANG TARUNA PEMUDJA (Pemuda Dusun)
-          SKJxJFC (Suporter JFC)
-          JAMBE FOOTBALL CLUB
-          JAMBE VOLLEY CLUB
-          Kelompok Tani 
-          Organisasi Keagamaan

D.    Social Budaya
-          Rebana
-          Karawitan
-          Ketoprak( opers jawa)
-          Reog
-          Campursari
-          Kadeso atau Sedekah Bumi
-           Sadranan Dusun
        Kendal Sari Festival (Tasyakuran Lingkungan Kendal Sari)     

Tidak ada komentar