40 Deretan Tempat Wisata di Kabupaten Semarang yang Cocok Anda Kunjungi


Kabupaten Semarang secara geografis berada pada jalur lintas Utama JOGLOSEMAR yaitu Jogja Solo Semarang. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Kendal dan Kabupaten Temanggung di sebelah barat, Kota Semarang di sebelah utara, Kabupaten Demak dan Kabupaten Grobogan di sebelah timur lalu Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Magelang disebelah selatan. Dengan Ibukotanya adalah Kota Ungaran. 

Letak yang strategis ini memberikan peluang dan kesempatan Kabupaten Semarang dalam mengembangkan sektor pariwisatanya. Daya Tarik wisata yang sangat beragam memperbesar potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Semarang.

Dan berikut ini adalah deretan tempat wisata di Kabupaten Semarang baik wisata alam, wisata buatan, wisata religi bahkan wisata kuliner yang wajib anda dikunjungi.


1. CANDI GEDONG SONGO BANDUNGAN

Gedong Songo merupakan ikon wisatanya Kabupaten Semarang, kawasan Candi ini berada di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan. Candi yang merupakan peninggalan sejarah hindu ini banyak diminati oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. 

Terletak di lereng Gunung Ungaran dan memiliki ketinggian sekitar 1.200 mdpl, suhu udara di sekitar Candi ini sangat dingin berkisar antara 16-27 derajat celcius.  Berada di ketinggian membuat candi Gedong Songo memiliki pemandangan alam yang sangat indah, salah satunya adalah dapat terlihat luasnya Rawa Pening, Ambarawa Kota, Bandungan, Sumowono bahkan Salatiga kota, dan juga deretan gunung-gunung yang menjulang tinggi seperti Merbabu, Merapi, Andong, Telomoyo, Sumbing, Sindoro, Ungaran bahkan Lawu.


2. AYANAZ GEDONG SONGO BANDUNGAN

Ayanaz Gedong Songo merupakan tempat wisata yang terletak di dalam Kawasan Candi Gedong Songo. Tempat wisata yang akhir-akhir ini semakin banyak pengunjung karena tempatnya yang unik, penuh dengan spot selfie yang instagramable.


3. SUNRISE HILLS GEDONG SONGO BANDUNGAN

Di Kabupaten Semarang memang banyak sekali tempat wisata, terutama di Kawasan Wisata Bandungan.  Salah satunya Sunrise Hill Gedong Songo. Tempat wisata ini terletak di bawah komplek Gedong Songo. Memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis, dari sini terlihat 8 gunung antara lain : Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Lawu, Sindoro, Sumbing, dan Ungaran. 

Center Of spot selfie/Pusatnya spot foto di Jawa Tengah. Tujuan wisata yang cocok untuk semua kalangan segmentasi baik remaja, anak-anak, orang tua dan keluarga.


4. TAMAN BUNGA CELOSIA BANDUNGAN

Taman Bunga Celosia adalah destinasi wisata primadona yang berada di Kecamatan Bandungan. Berbagai spot foto yang instagramable, tempat yang nyaman dan sejuk, serta biaya masuk yang terjangkau menjadikannya tempat yang paling cocok untuk berlibur bersama keluarga, sahabat, dan partner. 

Selain itu berbagai fasilitas juga disediakan disini yang tentunya akan menambah kenyamanan bagi para pengunjung. Tidak hanya menyuguhkan keindahan ketika siang hari, tetapi juga pada malam hari, lampion-lampion yang indah dan berwarna-warni menjadi daya tarik bagi pengunjung. 


5. SUSAN SPA & RESORT BANDUNGAN

Susan Spa & Resort merupakan tempat untuk memenuhi impian anda akan kecantikan, kesehatan dan tempat untuk mengisi waktu senggang anda. Sebuah taman surgawi, kolam renang, cafe, restoran dan banyak lagi. Susan Spa & Resort terletak di Dusun Piyoto, Kecamatan Bandungan.


6. UMBUL SIDOMUKTI BANDUNGAN

Siapa sih yang gak tau Umbul Sidomukti, yak kawasan Umbul Sidomukti merupakan salah satu wisata alam pegunungan yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Didukung fasilitas outbond training, renang alam, camping ground, pondok wisata, pondok lesehan, meeting room, lintasan flying fox, ATV, kolam renang alami dan jalur pendakian ke Gunung Ungaran. Umbul Sidomukti berlokasi di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan. 


7. PENDAKIAN GUNUNG UNGARAN

Gunung Ungaran adalah gunung yang membentang dari Kabupaten Semarang hingga Kabupaten Kendal. Gunung ini Memiliki ketinggian 2.050 mdpl. Walaupun tidak ada catatan khusus mengenai aktivitas vulkanologi di gunung ini, namun terdapat sumber mata air panas di kaki gunungnya yang mengindikasikan adanya aktivitas panas bumi di bawah tanah. Lokasi sumber mata air panas tersebut terdapat di Candi Gedong Songo dan Gonoharjo, Limbangan, Kendal. Jalur pendakian yang umum adalah melalui Jalur Mawar di Area Umbul Sidomukti, Kecamatan Bandungan.


8. PEMANCINGAN BLATER JIMBARAN BANDUNGAN

Pemancingan Blater adalah sebuah tempat makan yang cocok sekali untuk makan bersama keluarga, teman, rekan kerja, bahkan pasangan. Disana kamu bisa menemukan banyak sekali kolam-kolam ikan dan bereneka ragam ikan. Letaknya di Desa Blater, Jimbaran Kecamatan Bandungan. Hampir setiap rumah terdapat kolam-kolam ikan air tawar dan juga pemancingan yang tersedia. Yang paling terkenal si Pemandingan Suharno Blater.


9. BANDUNGAN INDAH WATER PARK

Dahulu dikenal sebagai Hotel PJKA, Bandungan Indah Waterpark ini berlokasi di Kecamatan Bandungan, memiliki berbagai fasilitas seperti family resort, convention hall, waterpark, gardening, playground, kidcastle, pemancingan, out bond, sanctuary butterfly, café, dan live music.


10. CURUG 7 BIDADARI SUMOWONO

Curug 7 Bidadari ini letaknya di pojok barat Kabupaten Semarang, yaitu Desa Keseneng Kecamatan Sumowono. Kurang lebih 15 km dari pusat wisata Bandungan. Curug ini memiliki 3 tingkat dan airnya sangat jernih. Tidak terlalu tinggi, sekitar 15 meter, lalu 10 meter dan yang paling rendah 5 meter. Anda dapat menaiki 3 tingkat itu tadi. 


11. CURUG KLENTING KUNING SUMOWONO

Curug Klenting Kuning ini letaknya tak jauh dari Curug 7 Bidadari, yaitu berada di Desa Kemawi Kecamatan Sumowono. Letaknya yang berada di Kaki Gunung Ungaran membuat Curug ini memiliki panorama alam yang sangat mempesona dengan dikelilingi hijaunya pepohonan. Kenapa dinamakan Klenting Kuning?. Karena Curug Klenting Kuning memiliki dinding pada curug tersebut bewarna kuning kecoklatan dan hal tersebut membuat air yang jernih terlihat seperti kuning kehijauan.


12. MONUMEN PALAGAN AMBARAWA

Palagan Ambarawa merupakan sebuah monumen sejarah bangsa Indonesia yang terletak di pinggir jalan Raya Ambarawa - Magelang, tepatnya di tengah kota Ambarawa, kurang lebih 30 km dari Kota Semarang. Dilengkapi dengan museum yang bernama Museum Isdiman yang menyimpan berbagai koleksi senjata, kendaraan tempur, pakaian dan barang lain yang dipergunakan dalam Pertempuran Ambarawa.

Dengan bentuk bangunan joglo sesuai dengan arsitektur budaya Jawa Tengah, Museum Isdiman menjadi objek wisata yang menyediakan wisata edukasi. Wisatawan dapat memahami sejarah sambil mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan Negara tercinta ini.

 

13. MUSEUM KERETA API AMBARAWA

Museum Kereta Api Ambarawa terletak di pusat Kota Ambawara, Jl. Stasiun No. 1, Ambarawa, dekat jalan utama Semarang - Jogja, sekitar 20 km dari Kota Ungaran. Museum Kereta Api Ambarawa merupakan satu-satunya museum kereta api berteknologi kuno peninggalan penjajah di Indonesia. 

Museum ini juga menyediakan paket wisata yaitu menumpang kereta tenaga uap yang melalui rel bergerigi sambil menikmati alam perdesaan dan pegunungan. Stasiun Ambarawa dibangun karena keinginan Raja Williem 1 untuk memudahkan pengangkutan pasukan militer. Tahun 1976 Gubernur Jawa Tengah Soepardjo Rustam menjadikan Stasiun Ambarawa sebagai museum kereta api. Meski kuno gedung dan segala detail perlengkapan seolah membawa pengunjung ke masa kejayaan kereta api peninggalan Nedherlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij.


14. WISATA APUNG KAMPUNG RAWA AMBARAWA

Kampung Rawa adalah objek wisata di Kecamatan Ambarawa, terletak di sekitar Rawa Pening. Fasilitasnya meliputi restoran mengapung, pendopo, pusat kerajinan dan tempat memancing. Pada hari libur, tempat ini dikunjungi oleh ratusan pengunjung. Di Kampung Rawa terdapat sebuah danau kecil yang menghidangkan hidangan khas Indonesia. Semua diapungkan dengan drum plastik, dan untuk menuju bangunan utama pelanggan harus menggunakan rakit yang ditarik tali.


15. BUKIT CINTA RAWAPENING BANYUBIRU

Terletak di Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru. Bukit Cinta Rawapening menyuguhkan panorama telaga yang membiru serta pesona hijaunya Bukit Brawijaya. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti pangkalan perahu wisata untuk mengelilingi telaga. Bukit Cinta Rawapening juga berpotensi sebagai kawasan pusat olahraga air seperti dayung, ski air, parasailing dsb. 


16. PEMANDIAN AIR ALAM MUNCUL BANYUBIRU

Pemandian Muncul adalah pemandian alam dari sumber air alami yang terletak di jalan alternatif Ambarawa-Salatiga, tepatnya di Desa Rowoboni, Kecamatan Banyubiru. Kawasan Pemandian Muncul ini disamping dimanfaatkan sebagai objek wisata air juga menyediakan area pembibitan dan pemancingan ikan dengan panorama hamparan sawah dan sungai yang indah. Di Pemandian Alam Muncul rutin diadakan acara budaya berupa ritual padusan yang dilaksanakan satu tahun sekali menjelang bulan puasa. Acara ritual padusan tersebut sangat menarik para wisatawan yang berkunjung ke Pemandian Alam Muncul


17. MUNCUL WATER PARK BANYUBIRU

Muncul Water Park merupakan objek wisata terbaru di Kabupaten Semarang. Muncul Water Park menawarkan berbagai macam wahana wisata air bagi para pengunjung diantaranya water slide, water playground, baby pool, ember tumpah, dan masih banyak lagi.

Muncul Water Park berlokasi tak jauh dari Pemandian Alam Muncul. Tepatnya di Desa Rowoboni, Kecamatan Banyubiru. Muncul Water Park menjadi lokasi yang tepat bagi anda yang ingin menikmati liburan bersama keluarga. Sebab selain karena berbagai macam wahana menarik yang ditawarkan bagi keluarga, lokasinya yang berada di kawasan alam perbukitan dengan pemandangan yang menghijau ini semakin menambah daya tarik para wisatawan.


18. DESA WISATA SEPAKUNG BANYUBIRU

Desa Wisata Sepakung ini merupakan salah satu daya tarik wisata yang ada di Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru. Terdapat Gumuk Reco yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang berwisata di Desa Wisata Sepakung. Lokasi wisata ini menawarkan pemandangan yang eksotis, berada di kaki Gunung Telomoyo memiliki udara yang dingin, dengan bentangan persawahan, dan hijaunya pepohonan yang akan memanjakan kedua mata kita. 


19. CURUG KEMBAR BALADEWA

Air Terjun Kembar Baladewa memiliki keunikan karena terdapat dua air terjun dengan lokasi bersebelahan. Di daerah ini dapat dijumpai pula makanan khas desa ini yaitu “Montor Mabur” yang terbuat dari singkong dipadukan dengan gula aren. Curug istimewa ini terletak di Desa Wirigomo, Kecamatan Banyubiru, kurang lebih 25 Km dari kota Ungaran.


20. CANDI NGEMPON BERGAS

Candi Ngempon atau disebut juga Candi Muncul adalah salah satu dari candi Hindu di wilayah Kabupaten Semarang. Candi Ngempon terletak di Kelurahan Ngempon, Kecamatan Bergas, berjarak 2 km dari Pasar Karangjati. Candi Ngempon terdiri atas sembilan candi, namun hanya empat saja yang telah direkontruksi atau dibangun.

Sepintas candi-candi tersebut tampak sama, namun ada satu candi yang berukuran lebih besar. Di area sekitar candi dahulu diyakini merupakan pusat penggemblengan para kasta brahmana untuk dididik sebagai empu, baik di bidang olah kanuragan, sastra budaya maupun kerohanian. Oleh karena itu, lokasi tempat candi tersebut berada dikenal dengan “Ngempon” yang berasal dari kata “Empu” atau “Ngempu”.


21. THE WUJIL CONVENTION & RESORT BERGAS

Merupakan restoran yang menyediakan berbagai macam menu masakan seafood dengan berbagai fasilitas seperti taman, arena bermain anak, kolam renang, pemancingan, dan arena mini outbond.

Terletak di Jalan Raya Soekarno-Hatta, Desa Wujil, Kecamatan Bergas. The Wujil juga memiliki hotel dengan convention hall berkapasitas sampai 500 orang.


22. CIMORY ON THE VALLEY BERGAS

Sebuah restoran keluarga bernuansa lembah hijau yang terletak di Jalan Raya Soekarno Hatta, Kecamatan Bergas. Restoran ini menyajikan berbagai menu masakan baik masakan jawa, Chinesse Food, Western Food, dan berbagai menu andalan susu segar (Fresh Milk) dan dairy food dengan fasilitas dairy shop dan snack, mini dairy, farm satwa dan ikan arapaima, arena bermain, kebun organik (sebagai wisata edukasi memerah susu sapi dan eco tourism). Cimory memiliki pemandangan Gunung Ungaran yang asri.


23. TLOGO RESORT & GOA RONG VIEW TUNTANG

Tlogo Resort & Goa Rong View adalah sebuah taman agro wisata yang terletak di Desa Delik, Kecamatan Tuntang, tepatnya di Jalan Raya Tuntang-Bringin. Lokasi wisata ini memiliki pemandangan perkebunan kopi dan karet peninggalan Belanda yang indah dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti cottage, area pemancingan dan rumah makan. 

Dari atas Goa Rong View anda disuguhkan pemandangan luasnya Rawapening, Kota Aambarawa, dan momen matahari tenggelam ketika sore hari.


24. SALOKA THEME PARK TUNTANG

Saloka Theme Park merupakan wahana wisata keluarga terbesar di Jawa Tengah. Saloka Theme Park terletak di Desa Lopait, Kecamatan Tuntang. Berbagai wahana menarik dan memacu adrenalin disuguhkan di Saloka untuk keceriaan anda, termasuk Lumbung Ilmu Gallileo yang menjadi pusat wisata edukasi bagi anak-anak. Semua wahana tersebut dirancang, dikembangkan dan dibangun oleh team berpengalaman dengan lisensi internasional, sehingga memenuhi standar keamanan. Saloka adalah gerbang dunia imajinasi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya untuk berpetualangan menjelajahi negeri penuh keceriaan yang tiada habisnya.

 

25. AIR TERJUN SEMIRANG UNGARAN BARAT

Air Terjun Semirang terletak di Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Dengan pemandangan alam yang menarik, topografi sekitar kawasan wisata cocok untuk area tracking, sepeda gunung, dan olahraga gunung lainnya. Selama perjalanan menuju Air Terjun pengunjung diajak menikmati suasana perkebunan pala dan kopi di kanan kirinya.


26. CURUG LAWE KALISIDI UNGARAN BARAT

Air Terjun yang sangat indah ini terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat. Sekitar 12 km dari Kota Ungaran. Curug Lawe merupakan air terjun yang masih sangat alami dengan ketinggian air terjun kurang lebih 30 meter.


27. TIRTO ARGO SIWARAK UNGARAN BARAT

Terletak di Blanten, Nyatnyono, Kecamatan Ungaran Barat, Tirto Argo Siwarak merupakan area taman bermain anak-anak, kolam ikan, dan khususnya pemandian Tirto Argo yang menggunakan air dari mata air alami.


28. WISATA RELIGI MAKAM NYATNYONO UNGARAN BARAT

Tempat wisata religi yang terletak di Desa Nyatnyono, Kecamatan Ungaran Barat, merupakan makam keluarga besar Bambang Kartonadi yang diyakini masyarakat sebagai wali, penyiar agama Islam. Mempunyai legenda terjadinya Desa Nyatnyono. Air yang muncul di Sendang Nyatnyono disekitar Makam dipercaya orang dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan dikenal dengan Sendang Kalimah Toyyibah.


29. BALEMONG RESORT UNGARAN BARAT


Balemong Resort merupakan sebuah resort yang menawarkan suasana pedesaan dengan konsep arsitektur tradisional Jawa kuno dan nuansa colonial Belanda. Terletak di Jl. Patimura 1B Sisemut, Ungaran Barat, berjarak 1 Km dari pusat kota Ungaran. Berdiri di lahan seluas 4 hektar di kaki Gunung Ungaran, resort ini didukung dengan fasilitas modern seperti restoran dengan menu tradisional Jawa dan Eropa, galeri barang antik yang dapat dibeli, ruang pertemuan, cafe dan spa.

 

30. NISSIN RESTO & MUSEUM UNGARAN TIMUR

Berlokasi di Jalan Raya Semarang-Salatiga KM 23 Ungaran, Nissin Resto & Museum jadi salah satu destinasi wisata yang bisa didatangi saat berkunjung di Semarang. Selain bisa wisata kuliner di cafenya, anda juga bisa mengenal sejarah panjang PT Nissin. Lokasi museumnya berada tepat di belakang Pabrik Nissin. Di dalam museum terdapat aneka prestasi yang diperoleh PT Nissin dan souvenir yang tertata rapi. Di sampingnya, alat jadul pembuat biskuit dan kue juga terpampang dengan rapi. Terdapat juga ruangan display bahan-bahan pembuatan kue beserta produk lainnya. 


31. KAMPOENG KOPI BANARAN BAWEN

Kampoeng Kopi Banaran merupakan sebuah taman agrowisata yang terletak di sebelah utara Rawapening. Tepatnya di Jalan Raya Bawen-Solo, Kecamatan Bawen. Lokasi wisata ini berdiri di kawasan perkebunan kopi milik PTP IX. Kampoeng Kopi Banaran sangat cocok untuk jalan dan lari santai, berkuda, outbond training dan bersepeda. Disini juga disediakan gardu pandang yang dapat digunakan sebagai tempat menikmati alam perkebunan.


32. AGROWISATA HORTIMART BAWEN

Hortimart merupakan agrowisata yang terletak di Jalan Gatot Subroto. No. 55, Kecamatan Bawen. Hortimart menyediakan aneka buah segar dan aneka sayuran organik yang dapat dipetik sendiri.

Selain itu juga terdapat bibit buah, benih sayuran, pupuk dan tanaman obataa-obatan. Hortimart terdapat restoran bernuansa perkebunan dengan udara sejuk yang menyediakan makanan sehat dari sayur organik dan buah segar.


33. DUSUN SEMILIR BAWEN

Siapa sih yang gak tau Dusun Semilir, objek wisata yang yang sedang ngetrend dikalangan wisatawan, ternyata berada di Kabupaten Semarang lho. 

Yap, Dusun Semilir berlokasi di Kecamatan Bawen, tepatnya berada di jalan raya Segitiga Emas Joglosemar (Jogja Solo Semarang). Dusun Semilir merupakan taman wisata yang berfokus pada pelestarian alam, memelihara budaya, konservasi dan pendidikan.

Dibangun sebagai taman wisata yang paling lengkap dalam fasilitas dan sarana penunjang yang didesain dengan mendekatkan diri dengan alam. Sehingga berbagai aktitivitas mendapatkan pengalaman yang berbeda dalam suasana yang natural dan menikmati kesegaran alam. 


34. ELING BENING BAWEN

Eling Bening merupakan tempat wisata yang terletak di Kecamatan Bawen, kurang lebih 3 km dari jalan simpang 3 bawen. Dari atas Eling Bening anda disuguhkan dengan luasnya Rawapening dan beberapa panorama Gunung, seperti Gunung Merbabu, Gunung Andong dan Gunung Telomoyo.

Terdapat juga beberapa fasilitas yang memanjakan anda, seperti kolam renang outdoor, restaurant, cafe garden, outbond, playground, spot selfie yang instagramable, meeting room, dan masih banyak fasilitas lagi.


35. DESA WISATA GEMAWANG JAMBU

Desa Wisata Gemawang merupakan salah satu desa batik yang belokasi di Kecamatan Jambu, 30 km dari Kota Ungaran. Disini pengunjung dapat belajar bagaimana membuat batik dengan menggunakan bahan tradisional seperti canting dan pewarna alami.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati tari-tarian tradisional serta usaha rumahan masyarakat sekitar seperti penangkaran lebah madu.


36. TAMAN WISATA KOPENG GETASAN

Taman Wisata Kopeng terletak diantara Kota Salatiga dan Magelang, dibawah kaki Gunung Merbabu. Taman Wisata Kopeng memiliki fasilitas seperti waterpark, playground, dan gardening dengan luas lebih dari 4ha, resort keluarga, fun billiard, gedung pertemuan, outbond center, ATV, wahana perang paintball, karaoke, gathering area, kuda wisata, pasar buah dan sayuran segar, serta pusat souvenir dan oleh-oleh.

 

37. PENDAKIAN GUNUNG MERBABU GETASAN

Gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat, Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, dan  Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara. Gunung Merbabu memiliki dua puncak, yakni Puncak Syarif yang berada pada ketinggian 3.119 mdpl dan Puncak Kenteng Songo, puncak tertinggi yang berada pada ketinggian 3.142 mdpl.

Jalur pendakian yang melalui Kabupaten Semarang yaitu Jalur via Thekelan dan Cunthel di Kecamatan Getasan. 


38. UMBUL SENJOYO TENGARAN

Mata Air Alam Sendang Senjoyo atau Umbul Senjoyo terletak di Kecamatan Tengaran, berbatasan dengan Kota Salatiga.

Umbul Senjoyo merupakan sebuah kolam dengan mata air alami yang sangat indah. Anda dapat menikmati keindahan potensi alam Umbul Senjoyo, dengan mengabadikan momen-momen indah melalui lensa kamera. 


40. DESA WISATA KEMENTUL SUSUKAN

Desa Wisata Kemetul adalah salah satu Desa Wisata yang ada di Kecamatan Susukan. Letaknya berada paling utara di Kecamatan Susukan, tepatnya berada diperbatasan antara Kecamatan Susukan dan Kecamatan Suruh, yang diapit dengan dua sungai yang daerah alirannya melewati perbukitan, lembah, dan sawah. Desa wisata kemetul berjarak sekitar 43 Km dari Kota Ungaran.


Dan itulah 40 deretan tempat wisata di Kabupaten Semarang yang cocok anda kunjungi, baik bersama keluarga, teman, rekan, partner maupun pasangan. So, ojo lali dolan nang Kabupaten Semarang.

 

Ayo Dolan Nang Kabupaten Semarang

Matur Suwun

 

Sumber : Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang

Dan sumber dari segala sumber.

 




























Tidak ada komentar