MENIKMATI INDAHNYA AIR TERJUN GROJOGAN SEWU DI LERENG GUNUNG LAWU


Grojogan Sewu merupakan air terjun yang berada di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, kurang lebih 27 KM disebelah timur Kota Karanganyar. Grojogan Sewu memiliki ketinggian 81 meter dan terletak kurang lebih 2000 mdpl di lereng Gunung Lawu.


Sebelum sampai di Air Terjun Grojogan Sewu dari pintu masuk kita diharuskan turun melewati kurang lebih 1250 anak tangga. Gak kebayang gimana capeknya, apalagi kalo pas pulang, naik terus. Tapi dibalik capeknya melewati ribuan anak tangga ketika sampai di air terjun Grojogan Sewu kita disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang sangat indah dan dikelilingi dengan suasana alam yang menyejukkan mata.



Dalam bahasa Jawa “Grojogan” berarti air terjun dan “Sewu” berarti seribu, sehingga Grojogan Sewu berarti air terjun seribu. Meski air terjun ini tidak berjumlah seribu tetapi ada beberapa titik air terjun yang dapat dinikmati disini. Bila sedang musim hujan sekeliling tebing akan dihujani air terjun, tetapi saat musim panas, banyak air terjun yang kering.



Objek Wisata Grojogan Sewu memiliki luas 20 Ha, karena terletak di Lereng Gunung Lawu menjadikan suasana di Objek Wisata ini menjadi syahdu dengan hawa yang cukup dingin. Pemandangan disini juga cukup indah dengan panorama pepohonan hijau dan asri yang menambah suasana nyaman bila berada disini.  Beberapa fasilitas yang memadai juga ada disini, seperti Taman Binatang, Kolam Renang, Tempat Istirahat, warung makanan, kios oleh-oleh, mushola dan MCK.



Ada juga sebuah mitos yang berkembang di Grojogan Sewu, mitos ini berlaku untuk pasangan yang belum menikah. Konon mitos yang berkembang di warga setempat bagi pasangan kekasih yang belum menikah berani melintasi jembatan di depan air terjun, maka hubungannya akan putus, tidak sampai ke jenjang pernikahan. Percaya tidak percaya sih itu mitos yang berkembang di Grojogan Sewu.

Harga Tiket Masuk adalah Rp.20.000/orang untuk wisatawan domestic dan Rp. 160.000 untuk International Tourist.

So, jangan lupa liburan ke Grojogan Sewu, ajakin teman-temanmu, asyikin keluargamu.

On Video :
https://youtu.be/n3CGwSL700I


Tidak ada komentar