SEBUAH KISAH SINGKAT TENTANG SUPORTER TARKAM



SKJ atau Suporter Kendal Jambe adalah sebuah organisasi yang bergerak dibidang suporter sepak bola, namun organisasi ini hanya sebatas suporter tarkam (antar kampung). Suporter yang berdiri  pada tanggal 1 Desember 2010 ini berasal dari Dusun Jambe, Desa Candigaron, Kec. Sumowono, Kab. Semarang. Karena berasal dari Semarang maka kiblat suporter ini adalah Panser Biru, suporter PSIS Semarang. 


Awal mula aksi SKJ Tahun 2012

Suporter ini adalah suporter tim JFC Jambe, tim tarkam yang ada di kampung tersebut. Aksi pertama kali adalah ketika tim JFC Jambe mengikuti turnamen Kebonagung Cup 2012. Dari saat itu sampai sekarang  suporter ini dianggap menjadi salah satu suporter tarkam terbaik, terbukti dengan diraihnya penghargaan "Best Suporter Sodong Cup 2018". 

Nama baik suporter ini juga tidak terlepas dari prestasi-pretasi JFC Jambe, meraih gelar juara diberbagai turnamen. Hingga sekarang suporter dan tim dukungannya menjadi salah satu suporter dan tim sepak bola tarkam yang disegani.


Salah satu prestasi JFC Jambe, meraih juara Sodong Cup 2017

Seperti pesan dari leaders SKJ kepada seluruh anggotanya 

"Saiki suporter Jambe wes due jeneng apik, ayo bareng-bareng jogo jeneng apik kui, ojo nganti dirusak",

 ("Sekarang suporter Jambe sudah memiliki nama baik, ayo bersama-sama jaga nama baik itu, jangan sampai dirusak").

Meskipun hampir setiap tahun ada turnamen, namun hanya pada akhir tahun lah turnamen itu bergulir, tapi hal itu tidak membuat kekompakan dan kekreatifan SKJ menghilang. Setiap tahun SKJ selalu memberikan aksi yang kreatif dengan cara yang berbeda-beda. 


Salah satu banner bentuk dukung SKJ kepada tim JFC Jambe

Dan berikut ini berbagai aksi suporter SKJ :













Tidak ada komentar