7 Gunung Tertinggi di dunia (Seven Summits)






1.    Gunung Everest (8.848 mdpl) (Asia)


Gunung Everest atau Mount Everest menempati posisi puncak dari daftar gunung tertinggi di dunia jika diukur dari kedalaman laut. Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet, puncaknya berada di Tibet. Puncak Everest merupakan salah satu dari tujuh puncak di dunia.

2.    Gunung Aconcagua (6.962 mdpl) (Amerika)


Di posisi nomor 2 ada Gunung Aconcagua, Gunung Aconcagua merupakan sebuah gunung di Argentina, dekat perbatasan Chili.. Gunung ini memiliki ketinggian 6.962 mdpl dan merupakan gunung terbesar di benua Amerika. Tepatnya gunung ini di Provinsi Mendoza.

3.    Gunung Denali (6.168 mdpl) (Amerika)



Di posisi nomer 3 ada Gunung Denali, gunung ini biasa dikenal dengan nama Gunung McKinley. Menjadi gunung tertinggi di Amerika Utara yang puncaknya berada di ketinggian  6.168 mdpl.
Gunung Denali merupakan gunung daratan tertinggi di dunia. Menurut prominensa topografisnya, Denali adalah puncak paling prominen ketigadi dunia setelah Gunung Everest dan Aconcagua. Terletak di Pegunungan Alaska di pedalaman negara bagian Alaska.
Dengan segala keunikan yang dimiliki oleh Denali menjadikannya gunung tertinggi nomor 3 dalam tujuh gunung tertinggi di dunia ( seven summit )

4.    Gunung Kilimanjaro (5.895 mdpl) (Afrika)



Di posisi nomor 4 ada Gunung Kilimanjaro, gunung ini berada di timur laut Tranzylvenia.
Puncak Kilimanjaro sekaligus merupakan puncak tertinggi di Afrika, dengan ketinggian 5.895 meter di atas permukaan laut. Kilimanjaro adalah gunung api strato raksasa yang sekarang tidak aktif, namun memiliki fumarol yang mengeluarkan gas di kawah yang terletak di puncak utama Kibo (Uhuru).

5.    Gunung Elbrus (5.842 mdpl) (Eropa)



Di posisi nomor 5 ada Gunung Elbrus, gunung ini merupakan sebuah gunung yang berada di sebelah selatan Rusia, dekat perbatasan Georgia.. Gunung ini memiliki ketinggian 5.642 mdpl dan merupakan gunung terbesar di Rusia dan merupakan gunung tertinggi di dataran Eropa.

6.    Gunung Vinson (4.897 mdpl) (Antartika)


Di posisi nomor 6 ada Gunung Vinson yang terletak kurang lebih 600 mil dari kutub selatan. Gunung yang terkenal dengan nama Vinson Massif ini merupakan gunung tertinggi benua Antartika.
Untuk mencapai puncak ini selain harus memiliki fisik yang kuat karena suhu disana berada pada suhu minus derajat celcius juga diperlukan keterampilan yang extra. Cuaca buruk dan medan bersalju menjadi tantangan tersendiri bagi pendaki yang ingin menaklukkan puncak tertinggi di benua Antartika ini.

7.    Puncak Jaya (4.884 mdpl) (Asia)


Dan di posisi nomor 7 terdapat Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid, Puncak Jaya adalah sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua. Puncak Jaya mempunyai ketinggian 4.884 mdpl. 
Puncak tertinggi di Indonesia ini masuk sebagai kawasan Situs Warisan Dunia UNESCO. Puncak ini merupakan gunung yang tertinggi di Indonesia kawasan Oceania. Puncak Jaya adalah salah satu dari tujuh puncak dunia. Selain di Puncak Jaya, di Taman Nasional Lorentz juga masih terdapat tiga puncak. Yaitu Puncak Soekarno (4862 mdpl), Puncak Cartenzs Timur (4840 mdpl), dan dan Puncak Soemantri (4808 mdpl).

2 komentar:

  1. Numpang promo ya min^^
    T3rpercay4, Berpengalaman, CS ramah dan online 24 jam.
    Gabung dengan kami (upd4te 8ett1n9) dan dapatkan cashback 3% setiap minggunya.

    BalasHapus
  2. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus