Rekomendasi Tempat Wisata di Dataran Tinggi Dieng yang dikenal Sebagai Negeri di Atas Awan


Siapa sih yang gak tau Dieng, wisata Populer di Jawa Tengah.

Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng merupakan sebuah objek wisata yang sangat terkenal di kalangan para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Secara geografis Kawasan Wisata Dieng masuk dalam 2 Kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah.

Dieng memiliki Ketinggian rata-rata sekitar 2.000 mdpl. Suhu berkisar 12—20 °C di siang hari dan 6—10 °C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0 °C bahkan bisa - °C di pagi hari sehingga  memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas ("embun racun") karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian. 

Berikut ini rekomendasi tempat wisata di Dataran Tinggi Dieng yang bisa anda kunjungi :

1. CANDI ARJUNA

Candi Arjuna terletak di Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara. Letaknya berada dekat dengan Kawah Sikidang, ketika berada di Kawasan Dieng tak lengkap rasanya jika anda tidak mengunjungi Candi Arjuna. Candi ini merupakan candi peninggalan kerajaan Mataram Kuno dan dibangun untuk menyembah Dewa Syiwa. Candi Arjuna masih aktif dijadikan tempat ibadah warga sekitar yang beragama Hindu.


2. BUKIT SIKUNIR

Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Desa Sembungan ini adalah Desa tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian kurang lebih 2.306 mdpl. Bukit Sikunir sekarang ini menjadi salah satu tempat wisata favorit yang ada di Dataran Tinggi Dieng.

Bukit Sikunir menjadi salah satu tujuan wisatawan untuk melihat keindahan matahari terbit. Butuh sekitar 30 menit untuk mencapai puncaknya, ketinggiannya kurang lebih sekitar 2463 mdpl.


3. GUNUNG PRAU

Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl, sehingga relatif tidak terlalu tinggi untuk didaki. Medan yang ditempuh pun tidak seberat mendaki Gunung Merbabu atau Gunung Merapi. Selain pemandangan dari puncak Gunung Prau yang indah, dari segi akses dan pendakian juga mudah, hal itu membuat Gunung Prau selalu ramai dikunjungi.


4. KAWAH SIKIDANG

 

Kawah Sikidang merupakan kawah vulkanik di Dataran Tinggi Dieng. Letak kawah indah ini tak jauh dari Bukit Sikunir. Tepatnya berada di Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Selain menikmati keindahan kawah, kamu juga bisa melihat berbagai kerajinan tradisional khas Dieng buatan warga setempat.

 

5. TELAGA WARNA


Telaga Warna merupakan objek wisata andalan yang ada di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng.  Telaga Warna sendiri diberikan  keunikan fenomena alam yang terjadi di tempat ini, yaitu warna air dari telaga tersebut yang sering berubah-ubah. Terkadang berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti pelangi. 

Fenomena ini terjadi karena air telaga mengandung sulfur yang cukup tinggi, sehingga saat sinar Matahari mengenainya, maka warna air telaga tampak berwarna warni. Hal itu menjadikan Telaga warna ini menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan untuk datang ke Dieng. Lokasinya berada di Kejajar, Kabupaten Wonosobo


6. TELAGA PENGILON

Telaga Pengilon ini warna air sangat jernih sehingga memungkinkan tumbuhnya beragam ikan. Melalui telaga ini pula, masyarakat memanfaatkan airnya untuk mengairi sawah. Letaknya berada di Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Berdampingan dengan Telaga Warna, dan sering disebut dengan Telaga Kembar

 

7. TELAGA CEBONG

Telaga Cebong letaknya di Desa Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Biasanya para wisatawan yang akan naik ke Bukit Sikunir akan mendirikan tenda dan menikmati malam hari di pinggir Telaga Cebong. Telaga Cebong dulunya adalah sebuah kawah purba yang terisi oleh air.


8. TELAGA MERDADA

Telaga Merdada merupakan telaga terluas di Kawasan Dieng, dengan luas mencapai hingga 21 hektare. Lokasinya berada di Desa Karang Tengah, Batur, Kabupaten Banjarnegara. 

Meski tak sepopuler Telaga Warna, Telaga Merdada memiliki daya tarik yang sayang untuk dilewatkan. Telaga ini berada di antara dua buah bukit, yakni Pangonan dan Sumurup. 


9. TELAGA MENJER


Telaga Menjer ini terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Dinamakan Telaga Menjer karena Desa Maron sebenarnya merupakan desa baru yang dulunya merupakan wilayah Desa Menjer. Telaga Menjer merupakan telaga yang terbentuk akibat dari letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja. 


10. BATU PANDANG RATAPAN ANGIN

Batu Pandang Ratapan Angin letaknya di Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Batu Pandang Ratapan Angin ini berupa tebing di ketinggian. Dari sini anda dapat melihat indahnya Telaga Warna dan juga Telaga Pengilon. 


11. GARDU PANDANG TIENG

Gardu Pandang Tieng terletak di Jalan Raya Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Biasanya penuh dengan para wisatan yang akan memburu keindahan sunrise. Terlihat kemegahan Gunung Sindoro beserta dengan Desa Tieng. 


Dan itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Kawasan Dataran Tinggi Dieng. Selamat berlibur, Selamat berwisata.

 

Matur Suwun

 

Sumber Dari Segala Sumber.






Tidak ada komentar