CANDI GEDONG SONGO DI LERENG GUNUNG UNGARAN


Asalamualaikum Wr.Wb


Sopo seng durung tau neng Candi Gedong Songo?

Kawasan Candi ini berada di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.  Candi Gedong Songo ini banyak diminati oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Terletak sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, suhu udara di sekitar Candi ini sangat dingin berkisar antara 16-27 derajat celcius.  Berada di ketinggian membuat candi Gedong Songo memiliki pemandangan alam yang sangat indah, salah satunya adalah dapat terlihat luasnya Rawa Pening, Ambarawa Kota, Bandungan, Sumowono bahkan Salatiga kota, dan juga deretan gunung-gunung yang menjulang tinggi seperti Merbabu, Merapi, Andong, Telomoyo, Sumbing, Sindoro, Ungaran bahkan Lawu.



Sejarah Singkat Candi Gedong Songo?

Nama dari Gedong Songo itu sendiri diambil dari bahasa jawa yaitu “Gedong Songo”, Gedong  yang berarti bangunan dan Songo yang berarti Sembilan. Jadi Candi Gedong Songo adalah Candi yang berjumlah Sembilan.

Candi ini merupakan peninggalan sejarah hindu yang terletak di lereng Gunung Ungaran. Ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1804 dan diperkirakan dibangun pada masa Wangsa Syailendra pada abad ke-9. Candi Gedong songo ini pada mulanya dinamakan Gedong Pitoe oleh raffles karena pada saat itu dia hanya menemukan 7 bangunan candi saja. Kemudian pada tahun 1908 V. Stein Callenfels menemukan 2 bangunan candi.  Jadilah Gedong Songo sampai saat ini.


Candi ini dibangun sebagai tujuan pemujaan terhadap para dewa, letaknya yang berada di ketinggian, orang hindu percaya bahwa Candi Gedong Songo adalah candi yang suci.  Bila berkunjung ke Candi Gedong Songo tak heran bila di komples candi terdapat beberapa patung seperti Siwa Mahakala, Siwa Mahaguru, Ganesha dan beberapa patung dewa yang bisa dilihat oleh para pengunjung.



Masyarakat sekitar juga percaya bila kawasan Candi Gedong Songo masih ada hubungan erat dengan kisah pewayangan Hanoman dan Dasamuka.


Lalu ada apa saja sih di Komplek Candi Gedong Songo

1.    Terdapat 5 komplek candi . Maka dari itu banyak pengunjung yang bingung kenapa cuma ada 5 kompleks candi, nah jawabannya karena 1 kompleks candi ada yang terdapat 2 buah candi jadi bila ditotal terdapat 9 buah candi (Gedong Songo).


2.    Pemandian air panas dan kawah Gedong Songo, so yang punya penyakit gatal-gatal silahkan mencoba untuk berendam di air panas Gedong Songo, Insya Allah akan sembuh.

3.    Ayanaz Gedong Songo, tempat wisata yang akhir-akhir ini semakin banyak pengunjung karena tempatnya  yang unik, penuh dengan spot selfie dan instagramable.


4.    Vanaprastha Gedong Songo Park, tempat refresing yang menyediakan beberapa Villa untuk menginap, instalasi di pohon juga ada dan menjadi spot foto yang menarik, memanfaatkan hammock untuk bersantai bersama teman-teman.

5.    Beberapa fasilitas yang memadai, salah satunya fasilitas berkuda, jadi karena jarak 1 candi ke candi lainnya yang lumayan jauh dan menanjak mungkin gampang membuat capek bila anda jalan jadi santai saja anda dapat menaiki kuda dengan harga berkisaran sesuai dengan tujuan anda.

Itulah mungkin sekilas mengenai Candi Gedong Songo, selamat berlibur, jangan lupa datang ke Candi Gedong Songo dan wisata lainnya yang ada di Kabupaten Semarang.

Ayo Dolan Nang Kabupaten Semarang
Wisata Kabupaten Semarang apik tenan..

Matur Suwun
Wasalamualaikum Wr.Wb




2 komentar:

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus
  2. Admin numpang promo ya ^^
    Yuk j01n sekar4n9 dan p4$ang jag04n mu h4nya di upd4te8ett1n9 ^_^

    BalasHapus